Objek Kajian Berdasarkan Poster Film The Chronicles of Narnia

 Nama            : Najla Dhiahasna Rafifah

NPM             : 202246500866

Kelas             : R3L

Mata Kuliah : Filsafat Seni


Objek Kajian Berdasarkan Poster Film The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch, and The Wardrobe


Objek : Poster Film The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch, and The Wardrobe.

Pendahuluan :

Film Narnia seri pertama tayang pada tahun 2005 dengan judul The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch, and The Wardrobe. Menceritakan tentang 4 bersaudara (The Pevensies) yaitu Peter, Susan, Edmund, dan Lucy yang harus mengungsi ke rumah Prof. Digory Kirke akibat terkena dampak Perang Dunia II. 

Suatu hari, ketika mereka bermain petak umpet dengan seru layaknya anak-anak lainnya Lucy memilih bersembunyi di dalam sebuah lemari. Namun, ketika pintu lemari tersebut dibuka, Lucy disambut oleh gerbang masuk dunia Narnia. Narnia sendiri merupakan sebuah negeri yang mendapatkan kutukan mengalami 100 tahun musim dingin dari seorang penyihir putih.

Film Narnia seri pertama ini juga mengisahkan Edmund yang berhasil diselamatkan dari penyihir putih, lalu The Pevensies dinobatkan menjadi Raja dan Ratu Narnia.


Latar Belakang :

1. Menjelaskan pengertian bagaimana poster dapat mempromosikan sebuah film lewat media visual.

2. Menjelaskan pengertian mengenai film The Chronicles of  Narnia.

Tujuan Penelitian : 

1. Untuk mengetahui bagaimana pentingnya poster bagi identitas sebuah film dan juga bagaimana poster itu dibuat sebaik mungkin agar pesan yang terdapat didalamnya dapat tersampaikan kepada penonton.

Rumusan Masalah :

1. Bagaimana relasi antara tanda-tanda yang terdapat pada elemen visual pada poster film The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch, and The Wardrobe?

Metode Penelitian :

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, lalu dipaparkan menggunakan pendekatan analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce untuk menganalisis makna dari tanda yang ada di dalam poster film The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch, and The Wardrobe.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Mimesis dan Teori Significant Form

5 Pertanyaan tentang diri dan seni